Tuntut Kreatifitas Sejak Dini, TIM II KKN Undip 2018 Ajak Siswa Buat Kerajinan Tangan

Kreatifitas anak memang harus dikembangkan dan ditanamkan sejak dini. Sehingga anak dapat lebih berkreasi dalam penyampaian ide dan gagasan yang dimilikinya. Salah satu kegiatan Mahasiswa Tim II KKN Undip tahun 2018 berbasis Ekonomi Kreatif ini merupakan salah satu program untuk mendorong kreatifitas siswa-siswi SD 01 Desa Sumbersari. Kegiatan Penanaman Ekonomi Kreatif ini dilakukan pada Rabu (25/07) pukul 09.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini diisi oleh Yuni Damayanti dari Departemen Manajemen dan diikuti oleh siswa kelas VI SD 1 Sumbersari.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi tentang ekonomi kreatif dan bagaimana memanfaatkan barang bekas untuk kemudian diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual. Kemudian siswa ditantang untuk berkreasi membuat tas dan celengan yang dibuat dari kardus bekas dan bahan-bahan sederhana seperti kertas kado dan pita. Para siswa dengan antusias berlomba untuk membuat tas dan celengan kreasi mereka dengan dibantu oleh mahasiswa KKN Tim II Undip yang ditempatkan di Desa Sumbersari.

Siswa dengan antusias mengikuti kegiatan dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dan semangat mereka ketika ingin menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Yuni maupun Mahasiswa Tim II KKN Undip. Selain siswa dengan karya yang paling rapi dan menarik yang diberi hadiah, Mahasiswa Tim II KKN Undip juga memberikan permainan dengan memberikan kuis seputar pengetahuan umum untuk anak-anak kelas VI.

 

Ekonomi Kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifikasi informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi yang utama. Dengan kegiatan ini siswa kelas VI SD 1 Sumbersari dapat belajar untuk lebih kreatif dan dapat memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang memiliki nilai jual. Siswa juga diharapkan dapat berkreatifitas menggunakan segala jenis medium yang kemudian dapat bermanfaat untuk digunakan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan