Lorotan Semar, Keindahan Tersembunyi di Desa Sumbersari

 

Menampilkan IMG_6698.JPG

Wisata air terjun memang selalu menjadi favorite destinasi wisata dengan keluarga maupun kerabat. Satu per satu wisata air terjun yang sebelumnya masih tersembunyi semakin bermunculan seiring dengan banyaknya kegiatan swafoto yang diunggah di media sosial, contohnya Instagram atau Facebook. Selain terkenal dengan daerah Pegunungan Kendeng, Pati juga menyimpan eksotisme wisata alami yaitu Air Terjun Lorotan Semar. Salah satu keindahan wisata air terjun ini tepatnya berada di Dukuh Ngalingan Desa Sumbersari Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Uniknya air terjun ini tidak seperti air terjun pada umumnya yang beridiri tegak dan tinggi. Lorotan Semar lebih melandai sehingga disebut Lorotan (re: plorotan dalam bahasa jawa). Eko, salah satu pengurus wisata ini, mengatakan sejarahnya tempat wisata ini dinamakan Lorotan Semar karena perah digunakan Semar (salah satu tokoh pewayangan) untuk bermain prosotan saat menjaga Arjuna yang sedang bertapa.

“Awalnya kan sebenernya nggak mau dibuat tempat wisata, ya, mbak. Itu kan memiliki cerita sejarah dan hanya sebagai pengairan irigasi. Tapi karena banyak yang ngupload ke Facebook gitu jadi akhirnya dikelola oleh organisasi.” jelas Eko, Kamis (19/7).

Menampilkan IMG_6686.JPG

Air Terjun Lorotan Semar memiliki air jernih dan pengunjung yang datang dapat bermain atau berenang di air Pengunjung juga disuguhkan dengan keelokan cekungan dan bebatuan yang ada disini. Lorotan Semar juga memiliki spot-spot foto instagrammable dengan pemandangan prosotan yang landau dan air terjun yang mengalir. Secara umum, air terjun ini memiliki tiga bagian yaitu atas, tengah dan bawah. Di bagian bawah terdapat beberapa kedai penjual yang menjual makanan kecil dan minuman yang dapat dinikmati para pengunjung.

Harga tiket di Lorotan Semar sendiri terbilang cukup murah. Dengan tiket parkir sebesar Rp 2000 rupiah, dan tiket masuk “taman posong” sebesar 3000 rupiah saja pengunjung dapat menikmati keindahan Wisata Air Terjun ini.. Fasilitas yang disediakan diantaranya mushola, toilet, gazebo, tempat parkir, serta warung makan. Menyingkap uniknya keindahan Lorotan Semar tidak cukup sulit. Jalan yang harus ditempuh untuk sampai ke sana sangat mudah dengan akses jalan yang sudah baik dan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Penjalanan menuju Lorotan Semar tetap akan menyuguhkan para pengunjung dengan pemandangan perbukitan dan lahan sawah serta jagung yang indah dan memanjakan mata.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan